Translate

Melempem, Saham Facebook Makin Murah


IPO Facebook (reuters)
Saham Facebook kembali terkena koreksi. Pada perdagangan hari ketiganya, saham perusahaan milik Mark Zuckerberg itu anjlok 8,9% ke level US$ 31 per lembar.

Koreksi saham Facebook membuat indeks sektor teknologi di Nasdaq. Saham perusahaan raksasa jejaring sosial itu terkena sentimen direvisinya prediksi kinerja tahun 2012 oleh Morgan Stanley.

Morgan Stanley adalah lead underwriter, yang menangani penawaran umum saham perdanan alias initial public offering (IPO). Revisi kinerja ini diumumkan hanya sehari sebelum IPO.

Pada penutupan perdagangan Selasa waktu setempat, dikutip dari Reuters, Rabu (23/5/2012), harga saham Facebook sudah terpangkas 20% dari harga IPO di US$ 38 per lembar. Koreksi itu terjadi hanya dalam dua hari.

Bahkan, saham Facebook sempat menyentuh posisi terendahnya kemarin di level US$ 30,98 per lembar. Sebelumnya, Facebook meningkatkan kisaran harga IPO nya dari US$ 28-35 menjadi US$ 34-38 sebelum listing.

"Ketika Facebook menaikkan kisaran harga IPO-nya, sudah kelihatan kalau sahamnya akan terkena tekanan," kata Michael James, senior trader dari Wedbush Morgan di Los Angeles.

Menurutnya, banyak pihak yang menilai harga saham IPO Facebook itu terlalu mahal sebelum IPO dilangsungkan. Pada perdagangan perdananya, saham Facebook hanya naik tipis 23 sen.

Koreksi terjadi pertama kali di perdagangan Senin. Saham Facebook jatuh 11% ke level US$ 34 per lembar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar